Salahkan Angin

Debu jadi partikel yang paling aku benci belakangan ini. Gara-gara debu, kuku-kuku jariku jadi rajin menggaruk-garuk leher, meski aku harus menahan diri untuk ga mengaruk wajah. Mengapa? karena wajah jadi fitur pengenal dariNya yang harus selalu dijaga, meski kualitasnya standar2 aja).

Dua minggu lalu aku meyakini rasa gatal di leher dan wajah gara2 abis makan udang yang dibeliin Lenci, tapi ternyata aku salah. Obat yang aku beli di apotik (3 biji insidal) dan juga 1 lembar obat gatel bapakku, gagal mengusir rasa gatal yang cukup bikin bete.

Sampai Sabtu lalu, akhirnya aku ngeh, rasa gatal ini bukan gara² makanan atau kebersihan badan (yg ini ga mungkin banget, krn aku termasuk orang yg suka mandi, beda banget dengan seorang temanku yg anti air). Ya, rasa gatal ini datang gara² debu, debu bercampur belerang kiriman Gunung Semeru (3.676 mdpl) yang mungkin lebih dari sebulan mengguyur kota Malang.

Tadi pagi di radio, Mbak penyiar bilang kalau hujan debu akan terus mengguyur Malang Raya jika arah angin bertiup ke arah barat. Tapi kalau arah angin menuju selatan, bisa dipastikan daerah Lumajang dan Probolinggo yang terkena imbas hujan debu.

Dalam keterangannya dia juga bilang kalo hujan abu ini adalah dampak dari letupan rutin Gunung Semeru, dan hal itu wajar-wajar saja, mengingat jika Semeru tak meletup, bisa dipastikan akan terjadi letupan yang lebih besar.

Ok, aku bisa maklum kalo Semeru ‘batuk’ selama beberapa waktu, tapi aku ga bisa terima jika angin membawa komponen batuknya ke arah barat, apalagi dalam jumlah berlebih seperti Sabtu lalu. Itu artinya aku mulai rajin menggaruk, rajin cuci muka krn wajah jadi kering dan ngeres, jadi sering2 keramas, rajin bersihin kamar, rajin melap pc, dan yg pasti rasa dahaga jadi terasa banget waktu Ramadhan kali ini.

3 thoughts on “Salahkan Angin

  1. Pasti repot jika terus bersih-bersih gara-gara debu semeru, motor juga gag bisa stay kincong:(
    Semoga pas musim hujan sudah berhenti.

    Btw, gatal yang di wajah mau tak garukin?? 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.