me and genderuwo

Kemarin siang liat tayangan kesurupan di Trans TV, baru nyadar kalo akhir2 ini emang ‘makhluk dunia lain’ lagi suka sambang manusia. Kerennya lagi mereka sambang nya rame², ga puas bikin ‘kacau’ satu orang, tapi pengen nulari yang lain, ya alhasil deh satu grup ‘kacau’ semua.

Aku pribadi belum pernah liat orang kesurupan secr live ataupun ngalamin sendiri (jangan sampe deh!), tapi kalo liat tayangan di tipi sih rata2 gejalanya hampir sama utk semua korban, berteriak-teriak, kejang-kejang, berbicara kacau dan mengaku sebagai pribadi lain dengan nama lain.

Kalo udah gitu biasanya orang ‘pinter’ datang dengan pakaian putih-putih, komat-kamit merapal, tarik napas berat, and buzzz!! ngacir deh setannya.

ga tau fenomena apa di balik kesurupan ini, yg jelas kesurupan masal dah jadi trend sendiri. Apakah ini pertanda dunia lain jemu dan muak dengan tayangan² mistik di tipi² yg bener2 ga mendidik (I hate Sinetron — pinjem istilahe Ambar), eksploitasi hantu yg merasa udah dieksplotiasi tanpa pernah dpt royalti dan keuntungan dr ‘jasa’ mereka, or bisa jadi ini lahan basah buat ‘orang² pinter’, yang paling xtrem banget ada rumor yang nyebutin bahwa kesurupan masal ini salah satu operasi intelijen untuk tujuan tertentu, walopun kabar ini dibantah keras pakar Pakar psikologi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof Dr Hanafi Moeljohardjono, SpKj.

Tapi Allahualam deh, yg penting aku jauh2 dari aroma setan. Tapi yg pasti aku mulai nyadar kalo dunia lain itu bener² ada dan mereka mulai usil banget, so skrg waktunya mulai mawas diri and jaga2 biar ga kesurupan.

Tadi pas kerja nyambi2 browsing2 kesurupan nemu artikel ok, buat antisipasi si ‘usil’, ya siapa tau bisa buat nolong tetangga or temen yg kesurupan:

– Jika suatu saat keadaan ini muncul, ada seseorang mengalami gejala ‘trans’, entah itu possession* atau disosiatif**, jangan panik. Segera angkut dan pisahkan dari kelompok remaja putri lainnya.
– Segera lakukan isolasi, supaya kabar dan cerita heboh ini tidak menginduksi remaja putri yang lain. Upayakan tidak ada hambatan pada jalan napasnya dan posisikan setengah duduk yang paling ideal.
– Possession trans* yang asli lebih ‘tenang’ dan memiliki jangka waktu trans kurang dari 30 menit. Tunggu dan biarkan saja, ingin lebih mantap bisa ditambah doa-doa atau pijat-pijat (kalo yg ini bukan pijat plus :d).
– Jika kejadian ini terus berlanjut lebih dari 30 menit, panggil dokter terdekat, cukup disuntik penenang. Tetapi yang sulit bila justru keadaan ini memicu munculnya trans disosiatif juga pada penderita tersebut, biasanya diikuti dengan sambung- menyambung. Ini ditandai dengan jeritan histerik dan gerakan motorik kasar serta caci-maki semaunya. Apabila ini terjadi, bantuan obat tidur bisa membantu. Obat tidur yang murah dan beredar di pasaran secara bebas adalah obat antialergi CTM (Chlorpheniramine Makeate) 4 mg/tablet. Bisa diberikan 1-2 tablet digerus. Tetapi hati-hati, apabila penderita tidak kooperatif jangan dipaksa, karena bahaya aspirasi. Yakni masuknya air minum dan tablet tersebut ke saluran napas.
– kalo juga ga berhasil ya udah, biarin aja, mungkin itu udah nasibnya jadi ‘pribadi lain’

*possession trans: suatu perubahan tunggal atau episodik dalam keadaan kesadaran yang ditandai oleh penggantian rasa identitas pribadi dan biasanya dengan identitas baru. Hal ini dipengaruhi oleh suatu roh, kekuatan, dewa, atau orang lain.
**dissociate trans:. keadaan terpisahnya antara pikiran, perasaan dan perilaku, lebih banyak fenomena yang bersifat gerak motorik.

source: Dr. Arya Hasanudin, SH, SpKJ/World Federation of Societies of Biological Psychiatry

10 thoughts on “me and genderuwo

  1. kandani ga percoyo nuz… ndek C7 iku angker! pokoke lek ono ambu ga enak… ya si dia dateng loh… aku kadang meh kudu muntah… kadang nggowo personil sampe 3… wih.. pokoke ndek nggon parkir rotom plus sebelah mejohe ojrap… ampus bon…

    met weekend ya..

  2. ono sing lali…

    kesurupan masal ma histeria masal sama ga? soale biasane kesurupan iku wong e suarane bedo karo asline… cmiiw….

  3. Kesurupan terus histeris… berarti podo nyu…

    Lek sing bau ‘sangar’ biyen iku wes ga tau metu nyu, mungkin kalah karo Bayfresh punyake pak Daniel. (Ga tau tuh, akhir-akhir ini tiap interval 1 jam, Pak Daniel nyemprotkan Bayfresh ke udara, baunya ampun deh).

    Sing sangar justru si bunali, pas turu ndek kono kupinge disebuli. Padahal aku ndek sebelahe 😀

    Ya gitu deh, suasanae kembali seperti di ruang SCeN masa awal-awal dulu.

  4. lelembut ndek c7 iku tenan a? soale aku wes 2 tahun lebih ndek kono kok aman² ae :p

    ojo² demite iku ancen arek bengi

  5. mbaoooo… adalah hal menakutkan saat aku masih imut…

    tentang lelembut, ga cuman di c7.
    jujur aja, di c1 juga ada… bahkan lebih sering menampakkan diri, meski di siang hari…
    harah koen…

    saiki tumpakane tiger plat N :p

    *areke ga moco iki*

  6. kesurupan itu cuman eforia aja kok, ngga ada serius2 nya. coba aja kalo ada orang kesurupan, biarin aja, ntar lama2 juga diem (*soale ga ono seng ngereken*)

  7. Satu trik untuk mengetahui kebenaran kesurupan (juga berlaku untuk para dukun/kiai, yang ngakunya dapat memanggil arwah, roh suci, dll):

    – ambil gunting/silet
    – potong rambutnya
    – kalo kebetulan botak, potong bulu yang lain
    – kalo gak punya bulu lain, iris kulitnya (dikit aja)
    – kalo rambut atau kulit masih mempan pada benda tajam, dia gak kesurupan/dirasuki mahluk lain

    alasannya: kerasukan/dirasuki berarti telah pindah alam, jadi segala benda di sini gak bakal mampu mempengaruhinya.

    *info: komik wiro sableng

  8. iku wiro pas dulin nang jepang, nyelametno putrine yamako, trus putri iku kerasukan, terus sempat gelut. kampak naga karo angin puyuhe wiro ga mempan.
    trus jarene si penari kabuki, iku mergo putri iku wes pindah alam, dadi ora ngepek.

    *modified by aryo gendeng

Leave a Reply

Your email address will not be published.