Konstipasi

Pernah merasakan sakit perut bagian bawah disertai rasa tak nyaman dan kaku pada pantat paling ujung? Bukan mengajak berpikiran kotor, hanya ingin berbagi rasa sakit saat mengalami konstipasi. Konstipasi atau lebih familiar dengan sebutan sembelit adalah gangguan pembuangan yang bisa berupa sulit atau jarang buang air besar selama tiga hari berturut-turut. Dan hal ini sudah umum dialami mereka yang kurang cairan atau memang tengah bermasalah dengan pencernaan.

Namun tak begitu halnya dengan saya, karena selama ini saya termasuk tipe orang yang mudah sekali bab, bahkan tanpa bantuan obat pencahar, ritual sambang ke toilet rutin saya lakukan setiap pagi hari. Dan Minggu kemarin, saya mengalami konstipasi, dan terpaksa harus lari ke apotik yang berjarak 300 meter dari rumah saya, hanya untuk membeli obat pencahar merk Dulcolax Supositoria Bisacodyl 10 mg. Menurut info penjualnya, obat berbentuk peluru ini bisa membuat perut enteng dalam waktu tak kurang dari 10 menit.

Dan memang benar, sekitar 10 menit perut terasa mulas, dan kotoran yang seharusnya keluar 2 hari yang lalu akhirnya lepas, dan perut jadi terasa nyaman. Lega banget rasanya, meski meninggalkan sedikit rasa trauma ke toilet setelah sebelumnya berjuang melawan rasa sakit dan perih. Entah kenapa sampai mengalami sembelit, ya mungkin kurang cairan, kurang serat, dan kurang berolahraga. Yang pasti, setelah mengalami sembelit ini, saya jadi menambah porsi minum air putih dan mencoba makan banyak buah. Hasilnya sampai hari ini BAB lancar tapi juga jadi sering pipis.

2 thoughts on “Konstipasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.