Kodok Apes

Rutinitas menjemput kakakku setiap pukul 10-11 malam menjadi tugasku setiap hari, dan tak terasa sudah hampir dua bulan aku menjalaninya. Tak ada yang istimewa, hanya aku mulai terbiasa dengan udara dingin dan lenggangnya jalanan. Tapi Senin kemarin tak seperti malam-malam sebelumnya, karena aku hampir membunuh seekor kodok.

Ya, seekor kodok hampir terlindas roda sepedaku. Untung aku tak sampai melindasnya, karena otomatis aku menginjak rem. Gerakan ngerem mendadak membuatku sedikit limbung dan diikuti kakakku yang reflek mendorongku ke depan. Tentu saja hal itu membuat kakakku marah, dan dengan omelan panjang lebar dia mulai berceramah. Akan lebih baik jika aku tak mempedulikan si kodok dan terus berkendara, karena apa yang kulakukan justru akan membuat kita celaka.

Sepele mungkin bagi beberapa orang, termasuk kakakku yang menganggap itu hanya seekor kodok, tak lebih! Dan walaupun mati terlindas tak akan ada yang merasa kehilangan. Tapi bagiku lain, aku merasa kodok juga punya hak untuk hidup, meski terkadang nasib sial membuat hidupnya berakhir menjadi penghias jalanan dengan bangkai keringnya. Dan itu bukan suatu pilihan. Ya, siapa juga yang bisa menyalahkan kodok yang tak sadar bahwa lompatannya justru membawanya ke akhir hidup yang tragis. Punya mata dengan posisi menonjol bukan jaminan membuatnya bisa lebih waspada. Yang pasti lompatan maut yang dianggap sepele banyak orang menjadi akhir yang mengenaskan bagi si kodok, dan tentu juga menjadi ‘hiasan’ yang kian lama akan menjadi bagian dari jalan itu sendiri. Ah..kodok! Mana ada yang mau peduli. 🙁

5 thoughts on “Kodok Apes

  1. walah lek sampe awakmu tibo (maneh) .. catu, sepeda remek, mbak santi luka parah (harah kono) .. si kodok opo yo mikir? Jangankan peduli, menengok ke belakang pun nggak .. paling langsung mencelat ngalih!

  2. Heheheheh.. setiap pulang kerja aku juga berhati2 jika sudah didalam komplek perumahanku, banyak kodok juga soale, kadang harus sampai zigzag.

    Kodok itu tertarik dengan lampu motor, jadi dia pasti reflek mendekat jika ada sinar lampu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.