bulan

“Te, kenapa kok bulan selalu ikut Arin terus, mulai dari McD sampe rumah ikuuut terus?”, tanya ponakanku. “Wah, Arin nakal kali, jadi bulannya ikut Arin terus.”

“Arin ga nakal kok, tadi cuman makan escone satu ga minta dua, tapi kenapa bulan tetap ikut arin terus?” akhirnya aku jawab dengan penjelasan yang bisa diikuti anak TK.

“Bulan itu besar, jadi kemanapun Arin pergi bulan akan selalu kelihatan, bahkan kalo Arin pergi ke Mbah uti di Solo, bulan akan tetap ikut arin terus.”

Lho te, kalo bulan di atas berarti bisa turun ke bawah ya? trus turunnya gimana? trus kalau pagi hari bulan kok ga ada?” (Wadeh mati aku!) tanya papamu aja gih!

“Papa lagi tidur, tanya tante aja.”

Waduh, puyeng, pasti neh anak ga bakal tau apa itu gravitasi. Hiks…ngawur lagi aja deh.

Bulan itu ga akan bisa jatuh, karena bulan memang rumahnya diatas, kalau bulan turun nanti langit jadi gelap. Nah kalo gelap Arin ga akan bisa main2 di luar. Trus kalo pagi bulan ga akan kelihatan karena bulan bobo. Jadi sekarang Arin bobo aja ya. Ayo bobo, udah ditunggu mamamu. (syukur deh si kecil mau tidur jg)

Ga hanya sekali ini aku direcoki pertanyaan yang ga pernah kuduga, pertanyaan yang harus kujawab dengan bahasa yang sangat sederhana, mudah dimengerti, dan dengan kosakata murni anak2.

Dulu dia pernah bertanya, kenapa gunung bisa keluar apinya? (ini saat kita nonton ulasan gunung merapi), kenapa papa ga punya susu, kalo papa ada susunya, adik minum mama, arin minum papa aja (ini ditanyakan saat ponakanku ngambek gara2 mamanya dah ga mau ngasih asi lagi, krn emang sudah bukan jatahnya), kenapa di perut mama ada adik dan di perut papa tidak? kenapa rambut mama keriting tapi rambut bude dan tante lurus?

Pertanyaan simple, cuman jadi complicated kalo yang tanya anak umur 6 th. Huh! Syukur deh belum punya anak.

5 thoughts on “bulan

  1. #aryo: Loh, sing masang wallpaper “Maddox Is The Greatest Thing …” iki awakmu tah rit?..iyo, aku pengen dadi Maddox’e :d, iso uyel2an ambek wong ayu…nah, lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published.