Tips Blackberry Ala Bazzberry

Lebih dari 1 bulan 15 hari saya memegang handheld bazzberry, dan dalam rentang waktu itu tidak begitu banyak yang saya pahami. Maklum selain sibuk dengan beberapa hal, kesempatan utak-atik bazzberry secara maksimal juga baru bisa dilakukan menjelang tidur dan sebelum benar-benar jatuh terlelap.

Join milis id-bb cukup memudahkan saya mengutak-atik handheld meski masih saja merasa ga bisa membuat handheld jadi maksimal. Dan, dari proses belajar dan bertanya pada para suhu di milis, saya menyimpulkan beberapa tips bagi diri saya sendiri :d:

1. PIN BlackBerry
BlackBerry memiliki nomor unik (PIN) yang ga dapat diubah. Untuk melihat PIN, bisa masuk ke Option –> Status, yang di dalamnya ada info tentang Signal, Batteray, File free, PIN, IMEI, WLAN MAC, dan IP Address. PIN cukup memudahkan untuk transfer file, bahkan lebih cepat dibanding send/receive file dari Messenger ataupun email. Tinggal sharing PIN antar blackberryan, proses pengiriman data jadi lebih cepat dibanding kirim email unduhan di handheld yang harus melewati berbagai server.

2. Delete languange dari Wizard Setup
Memori internal BB saya hanya 1 GB dan jatah memori juga digunakan beberapa fitur, termasuk bahasa. Menurut suhu id-bb, biar handheld jadi lebih enteng, pilihan bahasa perlu dipersempit. Jadi saya hanya memilih satu bahasa dan menghapus bahasa lain dan memori BB jadi sedikit lega dan ada ruang untuk berbagai aplikasi dan email penting.

3. Sinyal XL bengong
Dulu sering kali turn off dan lepas baterai, tapi lama-lama jadi malas karena restart dan booting BB sangat lama. Akhirnya dapat bocoran dari temen, trik buat unbengongin sinyak XL 5ribuan, dengan restart (alt + aA (kanan) + del) atau lebih amannya atur sinyal di manage connection, centang box connection GSM, hela nafas 3 x, trus on-kan lagi. Nunggu sampai GPRS/EDGE, kalau belum juga dapat berarti operator emang lagi masalah. Kalau dapat GPRS/EDGE, langsung buka website sambil liat anak panah di kanan atas statusnya naik turun apa tidak. Jika naik turun push email akan masuk, meski website masih ngadat. (thanks buat bung David)

4. Delete masal
Email: Tekan aA + scroll ke bawah, klik tombol menu pilih delete message.
Untuk delete email harian, cukup klik menu dan pilih delete prior.

5. Autotext
Fitur autotext mempercepat dan menghemat pengetikan. Di Options –> Autotext, kita bisa masukkan perintah untuk menyingkat pesan yang panjang. Misal, saya biasa di-sms orang rumah, kenapa belum pulang. Sederhana saja, dengan autotext tinggal ketik ‘orgrumah’, otomatis di sms penerima akan keluar text yang sebelumnya saya format, yaitu: ‘kerjaan belum kelar, sekitar jam 8 pulang’. Dan entry ini jadi pesan default saya buat orang rumah, simple, dan tak perlu susah payang ngetik panjang lebar.

5. Shortcut
Shortcut sangat membantu mempercepat ataupun menggunakan aplikasi/fitur lain di BB. Semua menu BB memiliki shortcut, termasuk BB basic, SMS, phone, browser, typing, search, dst…hanya tergantung penggunanya saja, mau menghapal shortcut atau lebih suka cara manualan (klik tombol back atau press menu BB), pilihan terserah kita :d. Saya sendiri lebih suka menghapal shortcut untuk fitur-fitur yang lebih sering digunakan, contoh:

* Saat ngetik alamat email, [spasi] untuk @ dan spasi lagi untuk titik.
* Untuk balas email, press R, reply all press L, forward press F, dll.
* Untuk kembali ke atas di setiap menu yang kita buka tekan T, dan tekan huruf B untuk ke bagian bawah.
* Untuk tahu PIN, IMEI, Versi Software, cukup tekan alt + aA (kiri) + huruf H.
* Mengubah diagram signal dari grafik menjadi angka. Tekan alt dan huruf NMLL secara bersamaan.
* Untuk memberi info PIN. MyVer di YM atau BBM, cukup ketik mypin [spasi] atau myver [spasi] otomatis pin dan myver BB kita akan tampil, tanpa perlu harus masuk ke Option –> Status.

6. BlackBerry Desktop Software
Cukup membantu untuk memindah maupun bakc-up data. Hanya perlu instal dan sinkronisasi antara PC dan BB. Lumayan mudah, seperti Nokia PC Suite, dan tidak seribet Itunes/

9. Install Software tambahan
Software tambahan memudahkan BB tampak keren dan terlihat canggih meski saya masih belum berani ganti OS sendiri :d. At least dengan tambahan beberapa software gratisan membuat si bazz lebih macho. Contoh:
Google Maps, Viigo (pembaca RSS Reader), Vlingo (aplikasi yang membantu kita bekerja, sayang belum bisa saya unduh :(..), FaceBook YM versi BB, Pageonce (pengatur jadwal), dan beberapa software gratis yang masih terus saya buru.

10. Soft reset
Sering saya lakukan jika koneksi lagi eror. Daripada turn off dan copot baterai yang butuh waktu sangat lama untuk booting, mending lakukan soft reset. Tekan alt + aA kanan dan delete.

Masih 10 tips, akan terus saya update jika dapat ilmu baru, maklum akhir-akhir ini jadi sering amnesia, jadi mengarsip tips untuk konsumsi pribadi lumayan cukup membantu. wew! T

9 thoughts on “Tips Blackberry Ala Bazzberry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *