Si Rubah Tak Mau Bekerja

Apa yang membuat saya sebal bekerja sebagai editor? Jika melihat rekan saya menulis kata tidak pada tempatnya. Reflek saya akan memberikan kuliah singkat via messenger, email maupun secara lisan. Bukan bermaksud untuk sok atau merasa yang paling tahu, tapi lebih pada rasa kepedulian untuk menggunakan bahasa Indonesia secara benar dalam bahasa tulis.

Ambil contoh kata ubah dan rubah. Dua kata yang sering kali digunakan dalam satu fungsi, dan itu salah kaprah. Rubah adalah nama binatang, dan sampai kapanpun dia tidak akan mau untuk diminta bekerja, karena dia bisanya hanya bermain dan berburu untuk makan. Jadi, jangan minta rubah untuk bekerja, biarlah dia asyik dengan hidupnya. Doh ngelantur =)).

Tapi saya serius, rubah adalah kata benda dan tidak pernah sekalipun difungsikan sebagai kata kerja. Rubah berdiri sendiri sebagai subjek atau objek dan tidak pernah dibuat sebagai kata keterangan, kata kerja maupun kata sifat.

Sementara ubah adalah kata kerja, dengan awalan atau tanpa awalan, ubah tetap berfungsi sebagai kata kerja. Jadi dalam penulisan kalimat dengan awalan/prefiks meng- atau di-, yang benar harus menggunakan ubah, bukan rubah.

Contoh:
– Tolong kalimat promosi dalam take over banner dirubah –> seharusnya –> Tolong kalimat promosi dalam take over banner diubah.
– Merubah variabel pada kolom pencarian data, membutuhkan resource yang cukup besar –> seharusnya –> Mengubah variabel pada kolom pencarian data, membutuhkan resource yang cukup besar.

Tak sulit bukan? Hanya butuh kebiasaan dan kesabaran agar tidak berpikir salah kaprah lagi. Jika tidak dilakukan mulai sekarang, bisa dibayangkan kata rubah sebagai kata kerja akan mengalahkan popularitas kata ubah di search engine. Dan sebagai pelaku media, mari belajar menulis dengan baik dan benar, agar tidak menyesatkan user yang menggunakan media sebagai salah satu pembelajaran bahasa. Yuk, mulai menulis dengan baik dan benar!

2 thoughts on “Si Rubah Tak Mau Bekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *