Media Antinarkoba

Penghargaan itu datang bukan saja karena kerja keras, tapi juga kemauan untuk mengajak banyak pihak berpikir positif. Salah satunya adalah mengajak orang untuk tidak ngedrug dengan berkampanye antinarkoba. Kampanyenya pun beragam, dari yang mudah sampai yang berat.

Cara paling mudah untuk kampanye adalah via stiker. Cara itu juga yang dipilih kantor tempat saya bekerja untuk melawan narkoba dengan mencetak ribuan stiker Antinarkoba. Targetnya adalah orang muda, nah orang muda biasa berkendara, jadi media tempelannya harus lekat dengan mereka. Maka kita pilih target tempelannya kaca angkot :d.

Stiker Antinarkoba ini melempar saya kembali ke tujuh tahun lalu. Saat kita sedang gencar promo Antinarkoba yang memang sengaja dilekatkan di berbagai kendaraan umum. Alat promosi yang sederhana, tapi mengena. Stiker di angkot lekat dengan publik kelas bawah, juga mudah terlihat bagi mereka yang ada di balik kemudi mewah.

Dulu saya selalu naik angkot, berdesakan dengan penumpang yang tak saya kenal sambil membaca stiker yang umum melekat di kaca angkot. Saya selalu membaca nama KapanLagi.com dengan Antinarkobanya yang dibuat dari stiker skotlet nempel di pintu, kaca belakang atau depan.

Stiker itu selalu mengusik saya, bukan karena saya cari duit di situ, tapi deretan huruf yang dicetak rapi dalam bentuk stiker skotlet yang mulai berubah artinya, keluar dari pakem sebenarnya.

Saya membaca KapanLagi Antinarkoba menjadi Lagi Om?; Narkoba? Kapan Gila Om; Cow Gila; Narkoba Lagi; mapanLagi.CoK; gila om? apa om? Kapan oba om; anti om; nti Lagi om, dst…Saya lupa frasa lainnya.

Sebuah kreatifitas, keusilan, seni tragis, atau sebuah parodi kacangan yang dilempar para urban kelas bawah, yang pasti saya pernah membaca KapanLagi.com ada di puluhan atau bahkan ratusan angkot di kota saya. Dan saya bangga meski promo itu hanya nempel di angkot bukan seperti baliho Luna Maya yang berdiri cantik di Rasuna Said.

Gara-gara stiker ini, kita dapat penghargaan dari Granat khusus media online yang peduli anak bangsa bebas narkoba. Congrat for us!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *