Giorgio Sarti: 60 Years of the Vespa

Judul di atas adalah judul buku yang baru saya beli, dan sampai saat ini masih dibaca dan dibolak-balik beberapa halamannya dengan pola tak beraturan. Artinya, saya hanya membaca suka-suka saja, melihat-lihat gambar sejarah vespa dari tahun 40s sampai 2000s.

Dengan sampul hardcover dan halaman yang cukup gemuk (maklum ada 417 halaman) dan kualitas kertas super dan colorfull membuat buku ini sangat layak dikoleksi. Saya memang tak memahami beberapa bagian buku yang memang terlalu teknis menelaah sekuter, karena saya memang bukan pencinta vespa, tapi pencinta pengendara vespa #halah.

Tapi bagian yang membuat saya tertarik adalah perjalanan vespa dari tahun 40s sampai saat ini, yang masing-masing periodenya memuat produksi sekuter dengan beragam jenis dan cc-nya, juga model iklan vespa, kalender, dan juga penampilan vespa di tayangan iklan, film maupun video klip musik.

60thvespa

Yah semacam katalog produk, cuman dikupas super detail, bisa dibilang sekelas kamus atau ensiklopedia Vespa yang wajib jadi pegangan pengendara vespa. Maklum, buku ini sudah super langka dan dicari para penggemar vespa atau sepeda motor antik.

Dari buku ini saya juga jadi tahu jika vespa tak hanya diproduksi dengan roda dua saja, tapi turunannya juga banyak, mulai dari vespa mobil (jenis 400), mesin vespa untuk perahu motor (moscone), sampai vespa roda tiga yang biasa digunakan untuk mengangkut barang (Ape), dan vespa abroad yang dirancang untuk bepergian. Desainnya keren, mirip kendaraan perang, dengan sespan di samping, tempat amunisi dan bagasi yang super luas.

60 Years of the Vespa ini ditulis oleh Giorgio Sarti, seorang mekanik motor yang terobsesi dengan beragam jenis sekuter, terutama vespa. Saking fanatiknya dengan motor, Sarti pun tak pernah memiliki mobil dan lebih memilih mengotak-atik vespa menjadi kendaraan keluarga yang pastinya lebih keren dan antik.

Lalu berapa duit yang harus saya keluarkan untuk membeli buku keren ini? Yah, saya ga bisa sharing harganya, karena saya ga biasa pamer *gaya* =)). Jika pengen tahu harganya, coba googling dengan kata Giorgio Sarti: 60 Years of the Vespa, dan cek harga yang ditawarkan di berbagai forum lokal maupun internasional, termasuk Amazon.

Dua buku Giorgio Sarti: 60 Years of the Vespa yang saya miliki ini pun masih dalam kondisi mulus, dan saat ini sedang tidur manis di atas rak buku paling atas, berdampingan dengan koleksi buku 125 tahun Coca Cola. Duh, mereka terlihat seksi dan selalu menggoda untuk dibaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *